46 Santri Tahfidz kelas Program Khusus SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Diwisuda, Jumlah Lulusan Meningkat Tiga Kali lipat di Angkatan ke-4 tahun 2022

SURAKARTA- SMP Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar wisuda tahfidz (11/5) bertempat di Aula Balai Muhammadiyah Kota Surakarta. Kali ini SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, sukses meluluskan 46 siswa, meningkat tiga kali lipat dari jumlah tahun lalu saat pandemi. Ketua panitia wisuda tahfidz, Ustadz Isa Al Fajri, Lc, M.Pd menyebutkan, “Tujuan diadakannya wisuda Tahfidz ini memicu motivasi siswa untuk menambah dan menjaga hafalan terutama untuk adik kelas, karena mereka akan tau target minimal sekolah yakni jus 30”. Capaian membanggakan ini tentunya melalui tantangan yang tidak mudah. “Semangat Siswa yang naik turun dalam murojaah, dan menambah hafalan membutuhkan dorongan dan motivasi dari guru dan orang tua serta motivasi tinggi dari siswa itu sendiri, selain itu sulitnya komunikasi selama pandemi berpengaruh pada capaian hafalan siswa”, papar Ustazah Salsabila salah satu pengajar Tahfidz.

Sebelumnya, mengikuti wisuda terdapat puasa dan libur lebaran, agar hafalan tetap terjaga diadakan pengecekan hafalan melalui virtual setiap seminggu sekali agara para siswa benar-benar mempersiapkan diri. Bagi yang belum mencapai target Ustadz Isa dan Ustadzah Salsabila senantiasa memotivasi melalui grup tahfidz dan menginformasikan pada seluruh wali kelas agar ikut memotivasi dan menginformasikan perkembanagn siswa pada orang tua, agar mencapai target yang diinginkan.

wisuda tahfidz ppdb smp surakarta

wisuda tahfidz ppdb smp surakarta

wisuda tahfidz ppdb smp surakarta

Ardya Nisa Henura, kelas 9PK1, merasa bersyukur karena dapat mengikuti wisuda ini. Sebelum pelaksanaan wisuda dirinya mengaku telah melakukan persiapan. “Setiap ada waktu luang pasti saya gunakan untuk murojaah, Alhamdulillah melalui proses ini akhirnya saya bisa mengikuti wisuda,” jelasnya. Menurut Nisa, hal ini tidak terlepas dari dukungan keluarganya, terlebih sang ibu yang selalu meluangkan waktu untuk menyimak setiap dia melakukan murojaah.

Ibu Nuraini mengungkapkan rasa bangganya terhadap keberhasilan Nisa atas keberhasilannya dalam menghafal 4 juz. Ia mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak Sekolah kepada ustadz ustadzah pengampu Tahfidz dan Kepala SMP Muhammadiyah 1 Surakarta karena telah mendukung penuh program tahfidz.

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, H. Sukidi, S.Ag, M.Pd. menjelaskan tahfidz merupakan salah satu unggulan Kelas Program Khusus SMP Muhammadiyah 1 SIMPON Surakarta. Wisuda Tahfidz tersebut diselenggarakan merupakan bentuk dari kerja cerdas, kerja keras, dan kerja ikhlas Ustadz-ustadzah pengampu tahfidz serta para wali kelas Program Khusus, dan dukungan luar biasa dari orang tua. Kepada para siswa, ia pun berpesan untuk selalu menjaga hafalan dan berlatih untuk mengamalkan. “Sekali lagi terima kasih kepada anak-anakku, wali murid, ustadz/ustadzah, dan wali kelas, atas perjuangan, kesabaran serta keikhlasannya. Semoga melalui program tahfidz ini, SMP Muhammadiyah 1 Surakarta bisa mencetak generasi muda cinta al-Quran sehingga menjadi sekolah yang semakin berkemajuan, berkah, bermanfaat, dan istiqomah,” pungkasnya.
(Frida-Humas)

 

Sekedar informasi bahwa SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta sudah siap menerima pendataan pendaftaran PPDB SMP Surakarta Simpon tahun pelajaran 2022/2023. Kami membuka kelas Program Khusus, Boarding School, Kelas program olahraga, dan program unggulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.