SMP MUH 1 SIMPON SOLO GUNAKAN METODE TIKROR DALAM DAURAH AL QURAN

SMP MUH 1 SIMPON SOLO GUNAKAN METODE TIKROR DALAM DAURAH AL QURAN

Solo, SMP Muh 1 Simpon Solo gunakan metode tikror dalam pelaksanaan daurah Al Quran di sekolah setempat.
Ustad Saiev Dzaky El Kemal guru tahfidz SMP Muh 1 Simpon Solo mengatakan saat wawancara Sabtu (17/11/2018). bahwa metode tikror berarti pengulangan, sehingga sebelum masuk pada proses menghafak siswa dimina untuk mengulang ulang bacaannya.

Ustadz Saiev mencontohkan jika ingin menghafal Surat Al Mulk pada ayat 1-5. Maka terlebih dahulu membaca dengan mushof Al Quran dan diulang ulang hingga lima atau sepuluh kali., sehinga pada ulangan ke lima sampai sepuluh sudah mulai proses menghafal dengan tidak membaca mushof Al Quran.

Kelebihan dengan metode tikror ini sangatlah efektif membantu siswa dalam memasuki proses menghafal AlQuran, sehingga sebelum proses menghafal siswa sudah pernah mengenal bacaan melalui pengulangan-pengulangan sebelumnya.

Daurah tahfidz Al Quran yang dilaksanakan SMP Muh 1 Simpon Solo melalui beberapa tahapan atau kloter, pelaksanaan ini sudah kloter yang ke dua, ungkap Hermawan humas SMP Muh 1 Simpon Solo.
Hernawan juga menambahkan bahwa daurah ini nanti ada 6 kloter dan kloter terakhir pada bulan Januari 2019 nanti, dan pengajar dalam kegiatan ini selain ustadz Saiev juga dibantu Ustadz Latief dan ustadz miftah, keduanya mahasiswa UMS penerima beasiswa tahfidz di fakultas agama islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *