Pembukaan Dauroh Tahfidz Quran Muhammadiyah Boarding School (MBS HAMKA) SMP Muh 1 Simpon Solo

dauroh tahfidz quran

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
خيركم من تعلم القرآن وعلمه
“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhori).

Selama Pandemi covid 19, alhamdulillah SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tetap istiqomah menanamkan rasa cinta peserta didik kelas Program Khusus (PK) terhadap Al Qur’an melalui Dauroh Tahfidz Virtual. Namun, dikarenakan pandemi di Solo berada di evel 1, mulai minggu kedua bulan Januari 2022 ini, Dauroh Tahfidz kembali dilaksanakan secara tatap muka. Pada pelaksanaan Angkatan pertama dauroh ini pada tanggal 14-16 Januari 2022. Untuk kelas-kelas selanjutnya akan diadakan setiap akhir pekan Jum’a hingga Ahad. Pelaksanaan Dauroh Tahfidz di masa pandemi ini, tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yaitu dengan pembatasan peserta dan selalu memakai masker dan sering mencuci tangan. Untuk Angkatan pertama adalah kelas 8 PK1 Putra yang berjumlah 12 Siswa.

dauroh tahfidz

Kegiatan Dauroh tahfidz diselenggarakan dengan tujuan memberikan suasana baru bagi peserta didik program khusus SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta, agar mampu membangkitkan ghirrah dalam memenuhi target pencapaian hafalan dan meningkatkan kualitas hafalan. Dauroh tahfidz pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022, insya Allah akan dilaksanakan selama 3 bulan, bertempat di Muhammadiyah Boarding School HAMKA, SIMPON Solo.

Di awal dauroh, 14 Januari 2022 (angkatan pertama), setelah perkenalan peserta dengan para pengajar dan musyrif, dilanjutkan dengan tadarus Al Quran di lantai 4 MBS HAMKA SIMPON Solo. Setelah sambutan dan pengarahan dari bapak kepala sekolah, H. Sukidi, agenda dauroh tahfidz sesi pertama langsung dimulai pada pukul 20.00 WIB.

dauroh tahfidz dauroh tahfidz dauroh tahfidz dauroh tahfidz

Agenda tersebut insya Allah dilaksanakan selama 3 bulan (Januari 2022 – Maret 2022), setiap hari Jumat-Ahad untuk setiap angkatan, dengan peserta dauroh sebanyak 8 angkatan, diikuti oleh kelas 7, 8, dan 9 PK (Program Khusus SIMPON).
Bapak Sukidi berpesan kepada anak-anak didik, agar senantiasa tetap semangat mengikuti setiap acara demi acara, semoga kelak menjadi generasi penerus yang berguna bagi agama dan bangsa, berkualitas dalam pengetahuan umum dan berkualitas pula dalam ilmu agama Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.