SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo setelah selesainya PAS 1 (Penilaian Akhir Sekolah Semester 1) adakan beberapa kegiatan untuk mengendorkan kepenatan setelah selama dua pecan mengerjakan tes PAS 1, Rabu (12/12/2018) di halaman sekolah adakan lomba antarkelas, yaitu suatu permainan gobak sodor.

Permainan ini adalah permainan masa lalu yang berawal dari Jawa dan Yogyakarta dan pertama kali adanya permainan ini diawali dari para prajurit untuk berlatih pertahanan dan sekaligus untuk mengisi waktu luang saat itu.
Gobak sodor yang dipermainkan di SMP Muhammadiyah 1 Simpon ini dimainkan dua regu dan tiap regu terdiri dari empat pemain yang merupakan perwakilan tiap kelas dan seluruhnya diikuti oleh 24 regu atau 24 kelas, satu regu sebagai penjaga dan satu regu sebagai penyerangnya. Jika penyerang ini bisa melewati penjaga sampai bolak balik maka permainan ini dipastikan penyerang mendapatkan point atau kemenangan, dan jika penjaga dapat menyentuh anggota badan dari penyerang maka perlu pergantian penjaga, dan yang awalnya tadi sebagai penjaga berganti menjadi penyerang.
Sebelum permainan ini dilakukan, tidak semua siswa di SMP Muhammadiyah 1 Simpon mengenal permainan ini sehingga perlu di beri contoh terlebih dahulu dari bapak ibu guru yang saat itu juga mendampingi dan melihat permainan ini.
“Keseruan dalam permainan gobak sodor ini bertujuan selain mengisi waktu setelah PAS juga untuk mengenalkan permainan tradisional masa lalu kepada siswa,” kata Hermawan Humas sekaligus Kesiswaan SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo.
Hermawan juga mengharapkan permainan ini bisa menumbuhkan kerjasama, kekompakan tiap regu, dan mempunyai strategi untuk saling memenangkan dalam permainan ini, sekaligus permainan ini juga membutuhkan tenaga dan merupakan bagian dari olah raga supaya tubuh lebih menjadi sehat.

By flora01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

toko herbal online