Siswa SMP Muhammadiyah 1 Simpon Membatik di Pusat Batik Laweyan Solo, Kamis (7/2/2019). Kegiatan yang bertujuan untukmengenalkan kerajinan batik di Solo.

“Siswa diperkenalkan proses membatik, mulai dari mengenalkan bahan baku, cara membatik, hingga finishing menjadi kain batik,” ujar Frida Maslahah, salah satu guru yang mendampingi kegiatan ini.

Frida juga menambahkan, kegiatan yang diikuti sebanyak 6 siswa dari kelas VIII ini, juga bertujuan untuk menyelesaikan tugas karya tulis yang merupakan salah satu syarat untuk kenaikan kelas.

Sentra batik di Mutihan RT 06 RW 10 Laweyan ini, juga melatih siswa membuat hasil karya dari awal membatik, mewarnai, mencuci, hingga menghasilkan sebuah karya kain batik walaupun sederhana.

Hermawan,humas SMP Muh 1 Simpon Solo mengatakan, kegiatan ini memang untuk syarat karya tulis kenaikan kelas. Menurutnya, selain sentra batik, siswa juga mengunjungi Museum Keris dan De Colomadu.

Hermawan menegaskan, siswa yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa kelas VIII yang kebetulan tidak mengikuti outing class ke Bandung Jawa Barat. “Mereka kita arahkan ketempat yang dekat, dengan tidak meninggalkan sifat edukasi,” ujarnya.

By flora01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

toko herbal online